Minggu, 14 April 2013

Motret Sunset



Rawa Pening Sunset

Sunset atau Matahari Tenggelam atau Srengenge Angslup (istilah yang sering saya pakai).. memang sangat menarik untuk sekedar dipandang ataupun difoto. Hal ini terbukti kalau sunset (sengaja pakai istilah sunset aja biar irit ngetiknya) sering menjadi obyek foto bagi fotografer pemula maupun fotografer professional.

Kalau hanya sekedar motret sunset mungkin bukan hal yang sulit, buktinya orang yang baru punya kamera atau baru dapat pinjaman kamera pun bisa menghasilkan potret sunset bahkan dengan kamera yang paling sederhana pun pasti bisa menghasilkan potret sunset.

Amazing Sunset
Lantas apa istimewanya motret sunset ? potret sunset akan menjadi potret yang menarik dan orang bisa bilang waooow amazing  atau waoow keren bila foto sunset itu memang kualitasnya  luar biasa. Saya sering melihat foto-foto yang dihasilkan para professional memang kualitasnya luar biasa pantas untuk bilang waaaoooow kereeen, sangat jauh kualitasnya bila dibandingkan dengan potret sunset karya saya.  (walaupun kadang orang sudah juga bilang  waoow untuk foto saya… tapi lanjutan dari waoownya kadang kurang enak…).. tapi bagaimanapun saya tetap bangga dengan karya saya sendiri dan suatu saat nanti pasti bisa motret sunset seperti potret para professional itu.
Belitong Sunset

Meskipun saya belum bisa menghasilkan foto sunset yang luar biasa, tapi saya punya sedikit pengalaman motret sunset yang bisa saya sharing atau paling tidak menjadi catatan pribadi sebagai berikut :

a.                   Motret sunset itu perlu menetapkan lokasi
Menetapkan lokasi dimana  sunset akan dibidik merupakan tindakan yang sangat penting, karena jika tidak maka akan kebingungan pada saat sunset tiba.  Mungkin tidak akan mendapatkan foto sunset sesuai yang diharapkan bahkan tidak akan bisa merealisasikan konsep yang mungkin sudah dipersiapkan.
Pasupati Bridge Sunset
Pernah punya pengalaman, suatu saat menjelang sunset awan di langit terlihat cukup indah sehingga diperkirakan sunsetpun akan bagus. Tanpa pikir panjang lagi dengan bersepeda pergi ke suatu tempat yg dperkirakan sunset akan nampak dengan bagus, namun sampai di tempat yang dituju memang terlihat matahari yang tidak lama lagi terbenam, namun posisinya jauh dari obyek yang akan dijadikan foreground sehingga batal membidik sunset dari tempat tersebut. Sepertinya masih ada waktu untuk mencari tempat lain, maka dengan sepeda saya menuju ke tempat lain yang diperkirakan posisinya bagus, namun karena keterbatasan waktu sunset maka sampai di tempat tersebut sunset sudah tidak terlihat sehingga perburuanpun gagal ... tapi hikmahnya tetap ada yaitu bisa berolahraga di sore hari.
o ya untuk motret sunset sebenarnya kita nggak harus ke pantai atau ke pegunungan, tapi dimanapun bisa dilakukan asal ditempat tersebut bisa melihat matahari. Kita bisa hunting foto sunset di kota dengan memanfaatkan jembatan, gedung, monumen atau kendaraan sebagai foreground foto sunset.
   
b.                  Motret sunset itu perlu persiapan.
Sunset di ITB
Mengingat moment sunset itu waktunya relatif tidak lama, maka perlu ada persiapan sebelum moment itu datang atau bahkan terlewat. Yang perlu dipersiapkan sebelum memotret sunset itu antara lain :
·    hadir paling tidak 15 menit sebelum posisi sunset terbaik tiba, sehingga perlu mengetahui dimana akan membidik sunset dan kapan waktu sunset di tempat tersebut.
·     Mengenali lokasi dimana posisi sunset akan terjadi, agar kita bisa menentukan komposisi dengan baik.
- Rancangan konsep foto sunset, apakah hanya akan memanfaatkan obyek ditempat pemotretan tersebut  atau perlu proses kreatif sebagai foreground.
·  Mempersiapkan peralatan utama yaitu kamera: cek setting apperture, speed, ISO, white balance dan setting lainnya yang akan berpengaruh pada kualitas foto. Perlu diperhatikan juga kebersihan lensa, pastikan tidak ada noda bahkan debu yang menempel di lensa atau filter. 

c.                   Motret Sunset itu perlu perlengkapan.
Sudah pasti kalau ingin motret itu perlengkapan yang harus ada kamera termasuk lensanya. Namun untuk mendapatkan foto yang berkualitas perlu juga dipersiapkan tripod dan filter seperti filter CPL. Untuk lensa, selain lensa wide perlu juga dipersiapkan lensa tele barangkali ingin mengekspose sunset atau obyek tertentu.

d.                  Motret sunset itu perlu kreatif.
Sunset di Viaduct
Sunset dengan awan dan sinar matahari yang tertangkap lensa pasti sudah menarik, namun bila bisa kreatif dengan menampilkan foto siluet pasti foto tersebut akan menjadi foto unik yang berbeda dengan foto sunset pada umumnya. Foto siluet perlu kreatifitas, tidak hanya sekedar menampilkan bentuk sisi pinggir sebuah benda atau orang tapi bisa juga dengan gerakan-gerakan tertentu yang memiliki arti tertentu. Foto siluet sangat bagus sebagai obyek foto pada saat golden hours (yaitu beberapa saat setelah sunset), dimana langit akan nampak warna yang sangat indah. Sedikit tips pada saat membuat foto siluet, yaitu jangan sampai ada detail obyek yang akan ditampilkan menempel dengan obyek lainnya sehingga detail obyek akan tertutup obyek lainnya.

e.                   Motret sunset itu perlu kesabaran dan ketelitian.
Karena pada saat sunset ini pencahayaan sudah mulai minim, maka speed pada kamerapun cukup lambat sehingga perlu didukung adanya tripod. Akibatnya modelpun harus ikut bersabar tidak melakukan gerakan sampai dengan proses pemotretan selesai (jepret). Fotografer juga perlu bersabar, karena setelah sunset berakhir perlu juga menunggu saat golden hours tiba dimana langit akan dihiasi warna warni pantulan sinar matahari yang sangat menarik. 
Perlu juga ketelitian untuk menyeleksi obyek apa saja yang perlu masuk dalam frame dan mana yang tidak harus masuk, juga ketelitian dalam meneliti detail obyek terutama untuk pemotretan siluet.

 Berikut ini beberapa foto sunset yang dibidik Mata Kamera di berbagai tempat di negeri ini dan di negeri orang ...


Pasupati

Sunset di ITB




Sunset di Belitong
Pasupati Bridge
Sunset di Bandung
Sunset di Batam

Sunset di Uluwatu, Bali


Sunset di Batam

Sunset di Batam






Sunset di Bandara Husein
















Sunset di bandung

 Sorry, tulisan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman itu sering juga belum menjadi guru yang terbaik bagi saya pribadi. Oleh sebab itu foto-foto yang saya tampilkan ini belum sebaik yang saya inginkan, namun pasti bisa menjadi bahan pelajaran bagi saya pribadi untuk bisa membuat foto sunset lebih baik lagi.... 

Narasi & Foto oleh Nuryahya Tingkir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar