Sabtu, 31 Mei 2014

Pantai Pulang Syawal (Pantai Indrayanti) Gunung Kidul



Pantai Pulang Syawal atau lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti yang terletak di daerah Gunung Kidul merupakan pantai dengan pemandangan yang cukup menarik karena pantai dengan pasir putih yang membentang dan air yang jernih berwarna hijau kebiruan menghiasi sejauh mata memandang. Tebing batu yang cukup tinggi dan menjorok ke laut juga menambah eksotis pantai Pulang Syawal karena dari tebing ini bisa mengamati keindahan pantai dan sangat bagus juga bila dijadikan spot fotografi. Kebersihan pantai juga cukup terjaga dengan baik sehingga pantai ini menjadi obyek wisata favorit untuk dikunjungi bila berwisata ke daerah Yogyakarta dan Gunung Kidul pada khususnya.


Daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pulang Syawal ini mungkin juga ditopang oleh kondisi Infrastruktur transportasi dari Yogyakarta menuju Pantai Pulang Syawal yang sudah bagus dan bisa dilalui oleh bus pariwisata.

Pada kesempatan kedua Mata Kamera berkunjung ke Pantai Pulang Syawal ini alhamdulillah cuaca cerah  dan langit terlihat biru, sehingga tidak kami sia-siakan moment bagus tersebut untuk jeprat jepret membidik pemandanga indah tersebut. Begitu tiba di pantai Mata Kamera langsung tertarik dengan tebing batu yang menjorok ke pantai, sangat bagus apabila pemandangan pantai dibingkai dengan batu batu besar tersebut dan ternyata memang sangat terlihat eksotis pantai Pulang Syawal dilihat dari celah batu besar tersebut.


Selanjutnya Mata Kamera  menatap liar seluruh sudut pemandangan pantai untuk mendapatkan obyek menarik yang harus dibidik dan inilah beberapa obyek yang sempat diabadikan Mata Kamera.






 
Tidak puas membidik diatas pasir pantai, Mata Kamerapun berusaha untuk bisa sampai ke atas tebing batu… dan ternyata memang benar pemandangan dari atas tebing batu tersebut sangat indah sehingga banyak obyek foto yang bisa dibidik.




Harapan terbesarku pada saat berkunjung ke Pantai Pulang Syawal di waktu senja hari itu bisa mendapatkan saat-saat matahari masuk ke ufuk barat (sunset) namun ternyata harapan itu belum terpenuhi karena saat itu langit di ufuk barat tertutup awan.


Kesan utama untuk pantai Pulang Syawal atau pantai Indrayanti ini adalah pantai eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi, namun yang terpenting jaga kebersihannya dan jangan biarkan bangunan-bangunan disepanjang pantai semakin banyak.


Foto & Narasi oleh Nuryahya Tingkir

2 komentar:

  1. aku baru pulang dari Jogja tp ga mampir kesini, dan itu tergantikan dg tulisan dan foto2 indah ini. Thx a lot :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga sdh berkunjung ke blog, tapi suatu saat bila ke Yogya lagi perlu disempatkan utk menikmati dan bikin tulisan menarik tentang obyek wisata di daerah gunung kidul.

      Hapus