Minggu, 30 Maret 2014

Sekitar Keraton Yogyakarta

Memanfaatkan pagi di kota Yogyakarta dengan tidur lagi bagi Mata Kamera adalah termasuk keputusan yang  merugi, karena aktivitas di kota Sultan ini sudah mulai sejak sebelum pagi. Apalagi hotel tempatku menginap sangat dekat dengan pasar Beringharjo dan Malioboro sehingga di pagi hari itu sudah terlihat becak-becak dan sepeda yang merupakan sarana transportasi yang menjadi andalan warga Yogyakarta sudah berlalu lalang di jalanan.
Selepas sholat subuh di masjid di seberang hotel, bergegas mempersiapkan peralatan berburu untuk mengabadikan aktivitas pagi di pasar Beringharjo dan keunikan arsitektur keraton Yogyakarta dan sekitarnya. Oleh karena itu peralatan yang masuk ke tas kamera adalah Body Nikon D7000, Lensa 18-105, lensa 50mm f1.8 dan tidak ketinggalan lensa andalan yaitu lensa manual Nikon Kogaku 135mm f2.8.

Cukup dengan berjalan kaki untuk sampai ke pasar Beringharjo, cukup menarik mengabadikan aktivitas para pekerja pembawa barang belanjaan, ibu-ibu yang berjualan di teras pasar, para tukang becak yang menunggu penumpang dan banyak aktivitas lain yang menarik. Untuk mendapatkan moment untuk aktivitas di pasar ini sengaja dilakukan secara candid, oleh karena itu saya pasang Nikon Kogaku 135 dan mengintai dari tempat yang agak tersembunyi. Memang cukup sulit untuk mengabadikan obyek bergerak dengan lensa manual, namun Mata Kamera sudah punya banyak pengalaman untuk membidik moment bergerak dengan lensa manual, Pertama melakukan pengaturan setting pencahayaan dengan memperhatikan kecepatan minimal agar obyek bisa terbidik dengan jelas (tidak blur), kedua : mencari posisi untuk mendapatkan komposisi yang bagus, ketiga : membuat jebakan dimana Mata Kamera sudah memperkirakan bahwa obyek pasti akan lewat di tempat yang sudah diperkirakan, keempat : mengatur fokus dengan mengarahkan pada benda terdekat dengan posisi obyek ketika obyek lewat, kelima : memastikan fokus dan jepret saat obyek masuk perangkap..... kena deh...

Untuk obyek lain yang relatif tidak banyak gerak relatif mudah namun masih ada kesulitan yaitu mencari posisi untuk membidik obyek tanpa diketahui oleh obyek karena Mata Kamera ingin agar obyek bersikap alami dan tidak terpengaruh adanya kamera yang mengintai mereka. Untuk menangkap obyek seperti ini, Mata Kamera juga mempersiapkan dengan baik. Pertama : mencari posisi sudut tembak yang bagus, kedua setting pencahayaan, ketiga : mengatur fokus dengan cepat saat obyek tidak melihat ke arah kamera, keempat : memastikan fokus  tepat dan langsung jepret pada saat obyek menunjukkan pose yang menarik.


Setelah mendapatkan beberapa spot menarik, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Pasar Beringharjo ke arah Malioboro kemudian lanjut ke Benteng Vredeburg namun ternyata pintu masih tertutup, Mata Kamera hanya bisa membidik pintu gerbang dan mengintip sedikit bagian dalam Benteng.




Akhirnya perjalanan dilanjutkan dengan minta tolong tukang becak untuk diantarkan ke sekitar Keraton. Pertama Mata Kamera diantar ke Keraton kediaman Sultan, namun lagi-lagi pintu untuk kunjungan belum dibuka. perjalanan dilanjutkan ke Taman Sari yang letaknya tidak jauh dari Keraton. Sampai di Taman Sari ternyata pintu juga belum dibuka, sambil menunggu waktu Mata Kamera memanfaatkan waktu untuk membidik Masjid Soko Tunggal yang letaknya sebelum pintu gerbang Tamansari.





Beberapa spot tentang masjid Soko Tunggal berhasil Mata Kamera abadikan, selanjutnya Mata Kamera menuju pintu gerbang Tamansari lagi dan bertemu dengan salah seorang yang rupanya pemandu (guide) yang sering menemani wisatawan yang berkunjung ke Tamansari. Mas Pemandu (begitu saja saya sebut) menawari Mata Kamera untuk mengantar melalui pintu belakang kalau ingin melihat-lihat Tamansari, tanpa pikir panjang langsung setuju karena tidak mungkin Mata Kamera harus menunggu sampai pintu gerbang dibuka karena ada kegiatan lain yang sudah menunggu.

Singkat cerita tanpa harus Mata Kamera jelaskan detail lewat mana dan sebagainya, Mata Kamera bisa mengambil foto-foto Umbul Binangun (Kolam Pemandian ) dan beberapa obyek menarik di dalam Tamansari tersebut  :









Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Sumur Gumuling, untuk memasuki bangunan sumur gumuling ini harus melalui lorong bawah tanah. Sumur Gumuling ini merupakan bangunan berbentuk bulat yang dulunya konon di fungsikan sebagai masjid.
Berikut ini beberapa foto menarik di Sumur Gumuling :





Perjalanan dilanjutkan ke reruntuhan bangunan yang konon sebagai istana, dilihat dari bangunan yang tersisa istana ini pasti merupakan istana yang megah karena bangunan istana yang cukup tinggi sehingga bisa terlihat dari manapun.












 Demikian sekilas perjalanan di kota Yogyakarta yang menyimpan berbagai kekayaan. kejayaan dan keindahan yang sangat menarik.


nb: pada tulisan ini tidak dicantumkan tentang sejarah dan penjelasan detail tentang bangunan-bangunan tersebut karena untuk menghindari kesalahan yang bisa mengacaukan sejarah.

Foto & Narasi oleh Nuryahya Tingkir

4 komentar:

  1. iri banget liat foto2nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipelajari dengan sering2 motret...jangan sayang film (memangnya msh pake film) ... hehe..

      Hapus
  2. mau ikut mengarungi dunia fotograp-i , nunggu kalau dpt uang dr pensiun dini !

    BalasHapus
  3. Fotografi nggak harus pake kamera mahal pak, pake kamera hape cina aslipun bisa... kalau nunggu pensiun lebih sulit belajarnya keburu buyuten pak har... hehe..

    BalasHapus